SEKILAS PJI Featured

Rate this item
(0 votes)

PERSATUAN JURNALIS INDONESIA disingkat PJI, Organisasi Profesi Kewartawanan, didirikan di Kota Pahlawan Surabaya 20 Agustus 1998 oleh beberapa wartawan senior, diantaranya Bung Darwin Hulalata (Alm), Bung Robin Ramlan Purba (Alm), Bung Bambang Rukmono (Alm), Bung Chandra Noktah (Alm), Bung Abas Fauzi (Alm), Bung Victor Junius Tarigan, Bung Agus Purwanto, Bung Amir Chandra, Mbak Aniek, Mbak Qoiriah dan masih ada beberapa rekan lain. NB: Bung Victor Junius Tarigan beberapa tahun ini sakit.

Akta Pendirian PJI ditanda-tangani 27 Agustus 1998 (Akta No.36 Notaris Sindhunata) dan resmi terdaftar di Negara berdasar SKT nomor 186/ 25 Nopember 1998 serta Resmi diakui Dewan Pers berdasarkan Surat Dewan Pers  No. 322 /DP/K/VI/2017 tanggal 13 Juni 2017.

22 September 2006, PJI melaksanakan Musyawarah Nasional Pertama PJI (Munas I PJI) di Hotel Elmi Surabaya dan menetapkan Bung Darwin Hulalata sebagai Ketua Umum PJI. Selanjutnya Bung Darwin Hulalata (Alm) sebagai Ketua Umum terpilih bersama Tim Formatur membentuk kepengurusan DPP PJI, diantaranya menetapkan Haddy J.Y. Warokakka sebagai Sekretaris Jenderal PJI beserta kepengurusan lainnya.

Tak lama setelah Munas I PJI, Sekretaris Jenderal PJI, Haddy J.Y. Warokakka, wafat. Sedangkan Ketua Umum PJI wafat Agustus 2016. Sampai saat itu PJI tidak melaksanakan Munas lagi yang seharusnya dilaksanakan periodik 5 tahunan.

Dikarenakan berbagai alasan tidak memungkinkan diadakan Munas atau Munaslub, maka berdasar pada AD/ART PJI, 6 November 2016 diadakan Rapat Dewan Pleno Nasional Pertama PJI (RDPN I PJI) di Hotel Cleo Jemursari Surabaya dan secara aklamasi menetapkan Hartanto Boechori sebagai Ketua Umum PJI. Ketua Umum PJI terpilih harus membentuk Kepengurusan baru DPP PJI, memperkuat organisasi, mengembangkan keanggotaan dan mempersiapkan pelaksanaan Munas seperti yang telah dilaksanakan di Golf Graha Family-Club House Surabaya, 29-31 Maret 2019. Dalam Munas II PJI itu menetapkan Hartanto Boechori sebagai Ketua Umum PJI secara aklamasi (100 %).

Sampai saat ini PJI masih mempunyai 11 perwakilan Provinsi di Indonesia. Dalam waktu dekat ini PJI berkomitmen menambah 5 perwakilan Provinsi lagi dan setelah itu akan meminta Dewan Pers untuk memverifikasi faktual PJI untuk bisa menjadi bagian dari konstituen dewan pers dan komunitas pers Indonesia. Dalam jangka menengah, PJI akan memenuhi perwakilan di 34 Provinsi.

PJI telah berkomitmen tidak akan mengedarkan proposal ”mengemis/meminta-minta” bantuan dana dari Pemerintah seperti yang umum dilakukan kebanyakan organisasi lain. Konsekuensinya, PJI mengembangkan Departemen Pusat Usaha Pers PJI dan Departemen Koperasi/Kemitraan PJI serta mengembangkan Departemen Hukum dan HAM PJI. PJI siap bekerjasama dengan semua pihak untuk melaksanakan kegiatan jurnalistik dan kegiatan sosial kemasyarakatan serta kegiatan apapun yang positif.

PJI baru beberapa bulan ini melaksanakan UKW (Uji Kompetensi Wartawan) dengan mensubsidi biaya UKW anggota PJI. Sampai saat ini sudah 3 angkatan UKW (angkatan ke-1 18-19 November 2018, angkatan ke-2 23-24 Desember 2018 dan angkatan ke-3 29-31 Maret 2019, serta telah menghasilkan 39 wartawan kompeten. Selanjutnya UKW angkatan ke-4 pertengahan Mei 2019. Apabila ada Perusahaan/Bank/BUMN/BUMD yang mempunyai anggaran CSR untuk mengcover kegiatan UKW anggota PJI, kami membuka diri dan berterima kasih.

PJI memberi kesempatan rekan-rekan wartawan/jurnalis yang memenuh syarat termaksud dalam undang-undang Pers untuk menjadi anggota PJI dan menjadi perwakilan PJI di Provinsi-provinsi Indonesia.

PJI juga memberi kesempatan kepada pengusaha/wiraswasta/pelaku UKM/UMKM yang legal untuk menjadi anggota (Non Jurnalis) di Departemen Pusat Usaha Pers PJI dan Departemen Koperasi/Kemitraan PJI dan memberi kesempatan kepada Advokat, Notaris, Ahli Perpajakan, Ahli Perbankan dan berbagai profesi/keahlian lain yang berkaitan dengan Hukum dan Ham untuk menjadi anggota (Non Jurnalis) di Departemen Hukum dan HAM PJI.

Salam,

Hartanto Boechori

Ketua Umum PJI.

Read 473 times Last modified on %PM, %17 %696 %2019 %15:%Sep

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.