World Press fredom Day 2017

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

PERSATUAN JURNALIS INDONESIA yang disingkat P J I adalah suatu organisasi profesi kewartawanan yang bersifat independen dan berjiwa kesatria serta berazazkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 yang resmi terdaftar pada Direktorat Jenderal Sosial Politik Departemen Dalam Negari Republik Indonesia (Dirjen Sospol Depdagri) berdasarkan Daftar Nomor Urut : 186 tanggal 25 Nopember 1998. (Sekarang bernama Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik DEPDAGRI)

P.J.I. atau Persatuan Jurnalis Indonesia didirikan dikota pahlawan Surabaya oleh beberapa wartawan senior di Surabaya setelah adanya gerakan reformasi yang dipelopori oleh para mahasiswa dan kemudian berlanjut dengan adanya keleluasaan mengeluarkan pendapat dan kekebasan berorganisasi serta kemerdekaan pers di Indonesia yang bermuara pada PERMENPEN NO. 2  Bulan Juli Tahun  1997 (kala itu Departemen Penerangan sekarang Departemen KOMUNIKASI & INFORMATIKA) selanjutnya  munculnya beberapa organisasi profesi kewartawanan mendampingi keberadaan  organisasi wartawan lama. 

Pada tahun 1998 tepatnya 20 Agustus 1998 berdirilah PJI yang langsung berkiprah dan berperan serta dalam dunia jurnalistik di tanah air yang dikuatkan dengan dibuatnya akta notaris pendirian organisasi profesi sekaligus mendaftarkan ke Instansi Pemerintah dalam hal ini Dirjen Sospol Depdagri, sehingga keberadaan organisasi ini sah dan resmi serta sudah memenuhi persyaratan Undang Undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). sebagaimana organisasi profesi lainnya.

 

Sejak berdirinya P.J.I. yang dilengkapi dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD&ART), dengan sudah terbentuk struktur organisasi dan susunan pengurus yang dilengkapi dengan komposisi personalianya seperti yang tercantum dalam AD/ART.  PJI.

 

Masa Kepengurusan atau masa bhakti kepengurusaan P.J.I. dalam hal ini Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Jurnalis Indoensia (DPP.PJI) periode pertama (awal) memang tidak terbatas. Akan tetapi berdasarkan AD/ART. P.J.I. maka Pengurus DPP PJI harus menyelenggarakan Musyawarah Nasional Pertama sebagai syarat mutlak dalam suatu organisasi termasuk P.J.I.

 

Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Jurnalis Indonesia (DPP.PJI.) periode pertama ini telah menyelenggarakan Musyawarah Nasional Pertama (MUNAS I PJI). Pada tanggal 22 September 2006 lalu dengan hasil sebagaimana berikut ini.